Polemik Pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).



Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah merekomendasikan sejumlah nama calon Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke Presiden Joko Widodo sejak dua pekan lalu.

Pada kesempatan itu, JK disebut-sebut  meminta Jokowi untuk tidak memilih Arcandra Tahar sebagai orang nomor satu di Kementerian ESDM.

"Rekomendasinya adalah jangan langsung jadikan Arcandra sebagai Menteri ESDM karena bisa menimbulkan polemik," kata Sofjan Wanandi, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden kepada CNNIndonesia.com, Jumat (14/10).

Namun, Sofjan menegaskan, semua keputusan ada di tangan Jokowi. Karenanya, ia menganggap wajar jika presiden membuat keputusan yang mendadak, dengan menunjuk Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM siang tadi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sedang berada di Makassar untuk menghadiri pembukaan acara internasional saat pelantikan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar. Selain JK, Menko Maritim Luhut Panjaitan juga tak hadir.

"Kalau tidak salah lagi bertugas (ke luar kota)," kata juru bicara Presiden Jokowi, Johan Budi SP usai pelantikan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Luhut sebelumnya bertugas sebagai Plt Menteri ESDM karena jabatannya di Menko Maritim. Ke depannya, Jonan dan Arcandra akan berkoordinasi dengan Luhut.

Menurut Johan, ketidakhadirian Luhut bukan karena tidak diberi tahu mengenai jadwal pelantikan. Dia juga menganggap Luhut sebagai salah satu orang yang dimintai pendapat oleh Presiden Jokowi untuk memilih Menteri ESDM.

"Mungkin Pak Luhut adalah bagian orang yang diajak diskusi juga," kata Johan.

Presiden Jokowi usai pelantikan Jonan dan Arcandra di Istana Merdeka mengatakan, pemilihan keduanya terkait isu manajemen bukan alasan politik.

"Ini isu manajemen, jangan ditarik ke isu personal atau politik. Ini isu manajemen," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut Jonan dan Arcandra adalah dua orang yang keras kepala. Tapi mereka sama-sama suka terjun ke lapangan.

"Saya yakin beliau berdua figur punya kompetensi meski keduanya keras keapala tapi suka terjun di lapangan dan tugas ini bukan tugas mudah, tapi saya yakin beliau berdua bisa selesaikan masalah yang ada di ESDM dan jadi team work yang baik," kata dia.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Polemik Pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)."