Gunung Barujari Meletus Dan Melontarkan Abu Vulkanik. PVMBG : Status Gunung Naik Menjadi Waspada (Level II).



Anak Gunung Rinjani, Gunung Barujari kembali meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi 2000 meter. Gunung yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, itu diketahui meletus Selasa sore sekitar pukul 14.45 Wita.

Aktivitas vulkanik Gunung Barujari meningkat dengan amplitudo sebesar 52 milimeter dengan melontarkan abu vulkanik yang mengarah atau condong ke arah barat daya. Berdasarkan hasil analisis, instrumental dan mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya, maka PVMBG menaikkan status Gunung Rinjani dari Normal Aktif (Level I) menjadi Waspada (Level II).

"Terhitung mulai pukul 15.00 Wita. Selanjutnya pemantauan secara intensif terus dilakukan guna mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Rinjani," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (27/9/2016) malam.

Ia melanjutkan, bahwa rekomendasi PVMBG, agar masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas di dalam kaldera Gunung Rinjani dan di dalam radius 3 km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera Gunung Rinjani. Namun diketahui masih ada ratusan wisatawan berada di atas saat gunung meletus.

"Saat meletus tadi siang diperkirakan terdapat 389 wisatawan dan pengunjung masih berada di Gunung Rinjani. Informasi sementara dari Seksi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sejak 25-27 September 2016 terdapat 389 wisatawan, yaitu 333 wisatawan mancanegara dan 56 wisatawan lokal yang dilaporkan melalui pintu Sembalun," Sutopo membeberkan.

Sutopo menerangkan, saat ini BPBD Provinsi NTB bersama BPBD Lombok Timur, TNGR, Kepolisian, Pos Pengamatan Gunung Rinjani, dan relawan masih melakukan koordinasi untuk mengetahui kondisi wisatawan atau pengunjung yang masih berada di gunung.

Meski begitu, pasca letusan tadi siang kondisi Bandara Internasional Lombok tetap berjalan normal. Abu vulkanik tipis dari anak gunung Rinjani itu menyebar ke banyak tempat karena angin cukup kencang. Aktivitas masyarakat tetap normal.

"Dengan adanya rekomendasi di dalam radius 3 km harus dikosongkan maka semua wisatawan dan pengunjung harus keluar," juru bicara BNPB itu memungkasi.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Gunung Barujari Meletus Dan Melontarkan Abu Vulkanik. PVMBG : Status Gunung Naik Menjadi Waspada (Level II)."